Visi dan Misi

VISI DAN MISI

Visi

Terwujudnya Program Studi Administrasi Publik yang maju, berkarakter, berdaya saing, kreatif dan profesional pada tahun 2030.

 

Vision

The realization of a Bachelor Program of Public Administration that is advanced, strong-charactered, creative, professional and global competitiveness in 2030.

UNTIR

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik yang profesional dan berdaya saing di bidang ilmu administrasi publik berwawasan lokal, nasional dan internasional.
  2. Menumbuhkembangkan kemampuan kreatif meneliti dan menulis dosen dan mahasiswa dalam bidang kajian kebijakan publik, organisasi-manajemen publik, administrasi pembangunan dan keuangan publik.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat sebagai wujud komitmen pembelajaran teori-praktis terhadap permasalahan publik.
  4. Membangun karakter budaya akademik pada tiap lini proses belajar mengajar guna mencapai lulusan yang professional dan berdaya saing global.
  5. Meningkatkan tanggung-jawab sosial program studi terhadap peningkatan kualitas kehidupan masyarakat lokal dan nasional.
  6. Memantapkan jaringan-kerja dengan para pemangku kepentingan untuk mendorong kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Mission
  1. To organize professional and competitive academic education in the field of public administration with local, national and international perspectives.
  2. To develop creative research and writing skills for both lecturers and students in the fields of public policy studies, public management, development administration and public finance.
  3. To carry out community service as a form of commitment to the theoretical-practical learning of public problems.
  4. To build the character of academic culture in every teaching and learning process in order to produce graduates who are professionally and globally competitive.
  5. To improve the social responsibility of study programs for the improvement of the the quality of life of local and national communities.
  6. To strengthen networks with stakeholders for the better promotion of quality education, research and community service.

Profil Lulusan

  1. Lulusan mampu mengimplementasikan konsep-konsep dasar dalam disiplin administrasi publik, yaitu: organisasi publik, manajemen publik, kebijakan publik, administrasi pembangunan serta keuangan publik.
  2. Lulusan memiliki kemampuan manajerial yang baik, meliputi aktivitas perencanaan, penganggaran, pengorganisasian, pengalokasian sumber daya, implementasi, hingga aktivitas evaluasi secara obyektif, kritis, analitis, dan saintifik.
  3. Lulusan memiliki kemampuan dalam menganalisis interaksi antar aktor dalam governansi publik dalam penyusunan kebijakan dan efektivitas manajemen publik baik di tingkat organisasi, regional, maupun nasional.
  4. Lulusan memiliki karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel) dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawab profesionalnya.
  5. Lulusan memiliki kemampuan kerja sama tim, kepemimpinan, komunikasi, kolaborasi, kewirausahaan dan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung tugas-tugas profesionalnya.
Graduate Profile
  1. Graduates are able to implement basic concepts in public administration disciplines: public organization, public management, public policy, development administration and public finance.
  2. Graduates have good managerial skills, including planning, budgeting, organizing, allocating resources, implementing, and evaluating activities objectively, critically, analytically, and scientifically.
  3. Graduates have the ability to analyze interactions between actors in public administration in the formulation of policies and the effectiveness of public management at the organizational, regional and national levels.
  4. Graduates have the JAWARA character (honest, fair, authoritative, trustworthy, religious, accountable) in carrying out their professional duties and responsibilities.
  5. Graduates have the ability to work in teams, leadership, communication, collaboration, entrepreneurship and mastery of information and communication technology in supporting their professional tasks.

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Mampu mengaplikasikan nilai kemanusiaan, menunjukkan sikap dan etika professional, menginternalisasi semangat kejuangan, dan kewirausahaan.
  2. Memiliki karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel) dalam melaksanakan tugas serta tanggung jawab profesionalnya.
  3. Menguasai konsep-konsep dasar ilmu administrasi publik, yaitu: kebijakan publik, organisasi publik, administrasi pembangunan dan keuangan publik.
  4. Mampu mengevaluasi dan menerapkan beragam metode penelitian yang relevan baik untuk kepentingan praktis maupun teoritis, serta mengadvokasi hasil penelitiannya untuk kepentingan publik.
  5. Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam mendukung tugas dan tanggung jawab profesionalnya serta pemecahan masalah secara kritis, analitis, saintifik, kreatif, dan inovatif.
  6. Memiliki kepemimpinan yang baik, bekerja dalam tim, komunikasi lisan dan tulisan yang baik, serta keterampilan memecahkan masalah secara inovatif pada bidang yang relevan.
  7. Mampu menyelenggarakan sistem kearsipan modern berbasis teknologi digital, yang mampu menjamin otentisitas, kerahasiaan, keamanan, serta efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaannya.
  8. Mampu menganalisis interaksi antar aktor governansi publik guna menjamin efektivitas dan efisiensi dalam proses formulasi, implementasi, dan evaluasi kebijakan publik sehingga mampu menghasilkan impact dan benefit yang tinggi bagi penyelesaian masalah-masalah publik.
  9. Memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni, yang meliputi aktivitas perencanaan, penganggaran, pengorganisasian, pengalokasian sumber daya, implementasi, hingga aktivitas evaluasi secara obyektif, kritis, analitis, dan saintifik.
  10. Memiliki kemampuan analisis dalam memformulasi inovasi dan strategi yang efektif dan efisien dalam pengelolaan organisasi publik dan sumber daya manusia guna meningkatkan efekivitas dan efisiensi pelayanan publik.
  11. Mampu mengidentifikasi masalah-masalah publik, memformulasikannya sebagai rencana pembangunan yang relevan, serta mengevaluasi efektivitas implementasi dan capaian kinerjanya secara saintifik, baik pada tingkat regional maupun nasional.
Expected Learning Outcome
  1. Able to apply human values, show professional attitudes and ethics, internalize the spirit of fighting and entrepreneurship.
  2. Have the JAWARA character (honest, fair, authoritative, trustworthy, religious, accountable) in carrying out professional duties and responsibilities.
  3. Mastering the basic concepts of public administration, namely: public policy, public organizations, development administration and public finance.
  4. Able to evaluate and apply a variety of relevant research methods both for practical and theoretical purposes, as well as advocating the results of their research for the public interest.
  5. Able to utilize Information and Communication Technology (ICT) to support their professional duties and responsibilities as well as problem solving critically, analytically, scientifically, creatively, and innovatively.
  6. Possess good leadership, team work, good oral and written communication, and innovative problem solving skills in the relevant field.
  7. Able to organize a modern digital technology-based filing system, which is able to guarantee authenticity, confidentiality, security, as well as efficiency and effectiveness in its management.
  8. Able to analyze interactions between public governance actors to ensure effectiveness and efficiency in the process of formulation, implementation and evaluation of public policies so as to produce high impact and benefits for solving public problems.
  9. Have qualified managerial skills, which include planning, budgeting, organizing, allocating resources, implementing, to evaluating activities objectively, critically, analytically, and scientifically.
  10. Have analytical skills in formulating effective and efficient innovations and strategies in the management of public organizations and human resources in order to increase the effectiveness and efficiency of public services.
  11. Able to identify public problems, formulate them as relevant development plans, and evaluate the effectiveness of their implementation and performance results scientifically, both at the regional and national levels.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Raya Palka KM.03 Serang
42163 Banten – Indonesia